Jumat, 05 Maret 2010

Glaukoma atau Si Pencuri Penglihatan

Masalah yang paling sering menyebabkan kebutaan di banyak negara termasuk Indonesia pertama adalah katarak dan kedua glaukoma. Glaukoma bisa dikatakan si pencuri penglihatan, karena pada banyak kasus baru diketahui saat kerusakan mata sudah dalam tahap lanjut.

Glaukoma sebenarnya merupakan penyakit pada syaraf penglihatan yang menyebabkan pandangan menjadi menyempit dan bisa berakhir dengan kebutaan. Glaukoma bisa terjadi hanya pada satu mata atau kedua mata dan bisa menyerang segala umur. Penyebab terjadinya Glaukoma bukan hanya satu faktor saja, tetapi multifaktor.

Faktor utama pemicu Glaukoma adalah tekanan pada bola mata yang sangat tinggi. Hal itu sering terjadi disebabkan oleh hambatan pengeluaran cairan mata (humour aquous). Selain itu ada faktor lain yang bisa memicu Glaukoma, yaitu :

1. Usia. Meskipun glaukoma bisa menyerang segala umur, tetapi lebih banyak menyerang orang yang berusia 40 tahun ke atas.

2. Genetik. Jika memiliki anggota keluarga yang Glaukoma maka risikonya semakin tinggi.

3. Penderita rabun jauh (myopia tinggi). Rabun jauh dengan minus yang sangat tinggi berisiko terkena Glaukoma. Jika minus mata Anda sangat tinggi, periksakanlah mata secara teratur.

4. Penyakit Diabetes Melitus

5. Penyakit Hipertensi

6. Penderita migrain akut

0 komentar:

Posting Komentar

Friends

Followers

Fave This

DUNIA PENUH BERITA Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts